Rabu, 10 September 2008

Life Style

Minum Kopi kok ragu..

Selama ini, kafein menjadi kontroversial. Ada yang melihat manfaat efek stimulasinya, ada pula risikonya bagi kesehatan. Kadang-kadang kita bingung: percaya yang mana? Nah, mari kita pelajari informasi terbaru untuk menjernihkan mitos kafein dan kesehatan

Apakah kafein hanya terdapat pada kopi ?

Kafein adalah zat alami yang terdapat pada daun, biji, dan buah pada lebih dari 63 jenis tanaman. Umumnya, yang diketahui sebagai sumber kafein adalah kopi, biji coklat, biji kola, dan daun teh. Besarnya kandungan kafein dalam makanan tergantung dari porsi, jenis makanan, dan penyajiannya. Berikut ini kandungan kafein dalam makanan, minuman, dan obat flu. (Lihat tabel: Kandungan Kafein Dalam Makanan dan Obat).

Apakah kafein menyebabkan kanker ?

Beberapa penelitian pernah menghubungkan kafein atau kopi dengan beberapa jenis kanker. Tapi tidak terbukti secara ilmiah bahwa kopi atau minuman lain yang mengandung kafein menyebabkan kanker. Penelitian lebih lanjut tidak menunjukkan hubungan antara konsumsi kopi dan kanker, bahkan ditemukan kopi dapat membantu mencegah kanker kandung kemih. Mungkin karena peminum kopi umumnya lebih sering buang air kecil sehingga kafein membantu ‘membilas’ kandung kemih.

Apakah kafein menyebabkan atau memperparah osteoporosis ?

Kafein dihubungkan dengan meningkatnya sekresi kalsium dalama urin. Tapi penelitian lebih lanjut menemukan untuk dapat menyebabkan keropos tulang, seseorang harus minum kopi dalam jumlah sangat besar. Diperkirakan satu gelas susu sehari sudah cukup untuk menggantikan kalsium yang terbuang karena efek diuretik kopi.


Apakah kafein menyebabkan penyakit jantung ?

Dulu ada pendapat yang menyatakan kafein behubungan dengan meningkatnya risiko penyakit jantung koroner dan serangan jantung. Sebab, pada peminum kopi cenderung terjadi peningkatan tekanan darah dan kadar kolesterol darah. Tapi data terbaru tidak menemukan bukti bahwa mengonsumsi kopi (kafein) dua sampai enam cangkir per hari akan meningkatkan tekanan darah tinggi, kadar kolesterol, dan penyakit jantung koroner.


Apakah wanita hamil boleh meminum kopi?

Ya, selama mereka mengkonsumsi kurang dari 300-400 mg (sekitar dua sampai dua setengah cangkir) per hari. Tapi para ahli kandungan umumnya menganjurkan wanita hamil menghindari minum kopi. Selama masa kehamilan, sebaiknya calon ibu hidup ‘bersih’, dalam arti menghindari zat berbahaya seperti alkohol, tembakau, obat bebas, dan kafein.


Benarkan kafein mengurangi risiko penyakit Parkinson?

Ya, penelitian menunjukkan bahwa penyakit Parkinson lebih jarang ditemukan pada orang yang minum kopi secara teratur. Justru penyakit ini dua sampai tiga kali lebih banyak ditemukan pada pria yang tidak minum kopi ketimbang pria yang minum kopi.


Apakah kopi bisa memperparah depresi ?

a, para ahli kesehatan menyatakan bahwa orang dengan gangguan psikis atau emosional tidak boleh mengonsumsi kafein.

sumber by : Nevy Marzuki(humanmedicine।net)



Pijat Mandiri..Kenapa Enggak..!!!


Gak punya duit,.,tapi pengen pijetan???gimana caranya yaa...???

nah nie dia guys..gw kasih Cara yang gratisan buat pijetan pasti tertarik dunk buat nyobanya,pokoknya semua serba mandiri(alias serba sendiri,..hehehe,kasian buanget sie..)

ya....lumayan lah dari pada loe pada manyun,..wakakakak

Terapi pijat adalah salah satu cara untuk membuat tubuh terasa lebih bugar dan sehat. Bahkan superstar dunia, Madonna pun mengaku memilih hot stone massage sebagai treatment rutin favoritnya.


Menurut American Massage Therapy Association, pijat tidak hanya berguna untuk melancarkan aliran darah, tapi juga bisa menghasilkan hormon ebdorfin yang bisa bikin perasaan menjadi lebih tenang.

Cobalah pijat wajah Anda. Menurut sumber Holisticonline, pijatan di wajah berfungsi untuk relaksasi otot dan menstimulasi pembuluh darah di bawah kulit, serta membantu mencegah munculnya garis halus dan kerut.

COBA LAKUKAN SENDIRI:
1. Sebelum memulai memijat, cuci bersih kedua tangan Anda, yang dilanjutkan dengan membersihkan wajah dengan lotion pembersih.
2. Mulai dengan melakukan gerakan memijat dengan kedua telapak tangan menekan secara lembut. Mulailah dari leher, perlahan pindahkan kedua tangan dengan pelan-pelan sambil tetap memijat ke arah pipi, lalu ke bagian pelipis.
3. Lanjutkan dengan gerakan stimulasi. pakai bagian belakang jari tangan dan gerakan bergantian dengan arah melingkar di sekitar pipi, leher, dan bawah dagu.

. untuk melancarkan aliran darah, letakkan salah satu ibu jari dan jari tangan di kedua alis. Tekan secara perlahan sambil digerakkan perlahan mulai dari ujung alis sampai di tulang hidung bagian atas dekat mata.


sumber by: cosmopolitan




0 komentar: